Raja-udang Biru

Raja-udang Biru | Small-Blue Kingfisher

Burung Raja-Udang merupakan salah satu jenis target dalam list para Fotografer Alam Liar. Selain banyaknya variasi dalam familia Alcedinidae (dalam Taksonomi terbaru dibagi 3 : Alcedinidae, Halcyonidae, dan Cerylidae) di dunia kurang lebih 90 jenis burung raja-udang.

Di Indonesia sendiri, jenis burung Raja-Udang ada sekitar 45 jenis raja dan hampir separuh dari kekayaan jenis di dunia. Dari 45 jenis burung raja-udang tersebut, 26 jenis merupakan endemik dan hanya dapat di jumpai pada kawasan Wallacea dan Papua.

Salah satu jenis burung raja-udang yang secara umum dapat dijumpai di wilayah indonesia adalah Burung Raja-udang Biru atau dengan nama ilmiah Alcedo caerulescens. Burung ini dapat dijumpai di berbagai habitat perairan mulai dari sungai, kolam, dan akan lebih mudah dijumpai pada areal pesisir.

Burung ini di dominasi oleh warna biru di bagian sayap, punggung, dada dan kepala serta warna putih dibagian di belakang telinga, tenggorokan, perut dan tunggir.

Musim yang paling cocok untuk memotret jenis ini adalah musim berbiak yaitu ketika mengasuh anak. Di musim ini banyak aktivitas yang dapat di dokumentasikan yaitu ketika berburu, terbang ataupun memberi makan kepada anaknya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s